(Desember/2021)-Bagi Calon Wisudawan/ti yang akan mengurus Surat Keterangan Bebas Pustaka (SKBP) dan Surat Keterangan Unggah Jurnal (SKUJ) untuk keperluan wisuda, harus melihat dan Mengunduh Beberapa file yang ada dibawah untuk mengetahui persyaratan dan proses pengurusanya.

Selain itu SKBP juga dipergunakan untuk  keperluan Cuti Kuliah dan Pindah Jurusan.

Mengenal Tabel HTML
No Nama File Keterangan
1 Syarat Pengurusan Surat Keterangan Bebas Pustaka (SKBP)
2 Formulir Pengajuan Surat Keterangan Bebas Pustaka

A. Pengurusan Surat Keterangan Unggah Karya Ilmiah (SKUJ) Untuk Yudisium/Wisuda

  • Penerbitan Artikel Ilmiah

Berdasarkan Peraturan Rektor UMRAH Nomor 02 Tahun 2019, mahasiswa program sarjana wajib memiliki satu publikasi ilmiah sebagai syarat kelulusan. Artikel ilmiah tersebut boleh diterbitkan pada prosiding, jurnal ilmiah, atau melalui Student Online Jurnal (SOJ) UMRAH

Untuk penerbitan aktikel ilmiah pada SOJ UMRAH, mahasiswa harus mengunggah aktikel ilmiah sesuai dengan template artikel yang ditentukan.

Berikut url template artikel sesuai fakultas masing-masing : 

Template selalu diperbarui untuk setiap periode wisuda (pastikan anda mengunduh template terbaru dari url diatas)
  • Artikel ilmiah diunggah pada google form sesuai dengan fakultas masing-masing. Artikel ilmiah dikirimkan dalam format Word dengan penamaan file: nama_nim_prodi, contoh : Agung Setiawan_160564201005_Hubungan Internasional.docx 

Berikut url unggah artikel sesuai fakultas masing-masing :

  • Calon wisudawan wajib menyerahkan form persetujuan unggah artikel ilmiah yang ditandatangani oleh dosen pembimbing 1 dan 2 serta diketahui oleh ketua prodi kepada perpustakaan. Format persetujuan unggah artikel ilmiah dapat di unduh pada link berikut: https://bit.ly/3EFEx6P
  • Jika artikel ilmiah dipublikasikan pada jurnal atau prosiding diluar SOJ UMRAH, maka calon wisudawan diwajibkan melampirkan prosiding/tangkapan layar artikel pada laman jurnal/surat keterangan penerimaan naskah (LoA) dari pengelola jurnal. Mahasiswa tetap wajib mengirimkan file artikel ilmiah tersebut kepada perpustakaan melalui link pengiriman yang disediakan. Artikel ini hanya akan disimpan dalam database perpustakaan dan tidak akan diterbitkan. 

B. Pengurusan Surat Keterangan Bebas Pustaka (SKBP) Untuk Yudisium/Wisuda

  1. Mengisi google form melalui url di bawah sesuai dengan fakultas masing-masing, serta mengunggah file skripsi dengan ketentuan :
      • File asli skripsi/tesis digabuangkan menjadi 1 (Satu file) dan telah ditandatangani oleh pembimbing, penguji dan Dekan Fakultas serta cap basah dalam bentuk file PDF dengan susunan sebagai berikut :
        1. Cover
        2. Halaman Persetujuan Skrips yang ditandatangani Pembimbing (scan)
        3. Lembar pengesahan Penguji yang ditandatangani dan cap Fakultas (scan)
        4. Pernyataan Orisinalitas Skripsi atau keaslian yang dilengkapi materai 10.000 (scan)
        5. Kata Pengantar
        6. Daftar isi s.d daftar tabel
        7. Abstrak
        8. Abstrak Berbahasa Inggris
        9. Bab 1 sampai Bab 5
        10. Daftar Pustaka
        11. Lampiran
      • File skripsi diberi BOOKMARK (Bab dan Sub bab) dan WATERMARK.
      • Nama file     Skripsi     harus      sesuai      dengan     format,      nama_nim_prodi, contoh    : Agung Setiawan_160564201005_Hubungan Internasional.pdf.

 Berikut url unggah artikel sesuai fakultas masing-masing :

Contoh Format Bookmark yang diterima
Contoh Format Bookmark yang tidak diterima karena sub-sub bab tidak dibuatkan bookmarknya. selain itu logo dari cover tidak boleh memiliki latar putih

Setelah semua pengiriman file artikel ilmiah dan file skripsi selesai, silahkan datang ke Perpustakaan UMRAH Dompak dengan membawa :

  1. Form pengajuan surat keterangan bebas pustaka
  2. Skripsi tercetak
  3. Print out artikel ilmiah
  4. Form persetujuan unggah artikel ilmiah bagi upload artikel dalam SOJ UMRAH atau bukti penerimaan naskah (LoA) dari penggolah jurnal di luar SOJ UMRAH
  5. Buku sumbangan untuk pengambilan SKBP & SKUJ

Kriteria Buku Sumbangan Untuk pengurusan SKBP & SKUJ Periode April 2022

  1. Buku terbitan tahun 2020-2021
  2. Jumlah halaman buku minimal 200 hal untuk humaniora dan 100 hal untuk Saintek
  3. Buku tidak harus baru, bisa buku pegangan kuliah yang tidak dalam kondisi rusak, tercoret atau bertip-x
  4. Bukan buku aplikatif dan buku sumbangan atau terbitan dari instansi pemerintahan.
  5. Buku dengan harga >Rp200.000,- dapat digunakan untuk 2 (dua) orang mahasiswa yang berasal dari jurusan yang sama dengan membawa bukti kuitansi pembelian buku.
  6. Buku yang disumbangkan adalah buku yang linear dengan jurusan masing-masing
  7. Dilarang menyerahkan buku bajakan atau salinan tidak resmi yang melanggar undang-undang hak cipta. (Harap berhati-hati jika membeli buku di toko online)

Berikut Video Edukasi membedakan buku ori dan buku bajakan

Jika Memiliki Pertanyaan atau Kesulitan dalam Penguplotan Skripsi & Jurnal, dapat mengubungi kontak pustakawan

Pustakawan : 081270711286

Jika Memiliki Pertanyaan atau Kesulitan dalam Penguplotan Skripsi & Jurnal, dapat mengubungi kontak pustakawan di atas

Pustakawan : 085761717927

Jika Memiliki Pertanyaan atau Kesulitan dalam buku sumbangan, cek peminjaman dan pembayaran denda dapat menghubungi kontak pustakawan diatas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here