Di era teknologi informasi, data dan informasi merupakan resource yang sangat berharga.  Dalam pengambilan kebijakan, data memiliki fungsi strategis untuk menentukan proyeksi dan outlook yang memengaruhi keputusan yang harus diambil pemangku kepentingan. Validitas dan kepercayaan terhadap informasi yang dimiliki sangat menentukan kualitas keputusan yang diambil. Dalam dunia riset, data adalah intisari yang akan mengantarkan peneliti pada sebuah kebenaran dan hasil yang ingin dicapai. Oleh karena itu, akses terhadap data dan informasi yang memadai adalah kebutuhan dari setiap stakeholder dan peneliti modern.

Menjawab tantangan tersebut, UPT Perpustakaan UMRAH melaksanakan kegiatan webinar trend riset dan publikasi data science pada 25 November 2021 lalu. Webinar ini bertujuan untuk memantik diskursus dan mengenai data driven research dan decision making sekaligus sebagai pengenalan layanan Warung Gurindam kepada pemustaka. Kegiatan ini dibuka oleh Rektor UMRAH, Prof. Dr. Agung Dhamar Syakti, DEA. Narasumber pada webinar ini adalah  Harco Leslie Hendric Spits Warnars, Ph.D dari Universitas Bina Nusantara, seorang peneliti data sains yang sudah memiliki rekam jejak cemerlang, dan Dian Kartika Sari, M.Si, statistisi ahli dari BPS Kepulauan Riau. Kegiatan webinar dipandu oleh Nola Ritha, S.T., M.Cs, dosen dan peneliti di bidang data sains UMRAH.

Pada kegiatan ini, Kepala UPT Perpustakaan UMRAH, Bony Irawan, S.Pd., M.Pd. menegaskan dukungan perpustakaan terhadap kebutuhan civitas akademika terkait kepustakaan. Kepala perpustakaan juga menyampaikan harapan agar setiap layanan yang diberikan dapat dimanfaatkan dengan baik oleh seluruh pemustaka.

Mari lihat kembali rekaman materi webinar yang telah di upload pada channel youtube perpustakaan UMRAH 

mari lihat kembali rekaman materi webinar yang telah di upload pada channel youtube perpustakaan UMRAH 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here