UPT Perpustakaan UMRAH  menerima hibah 103 buku sastra melayu dari  Yayasan Jembia Emas. Dihantarkan oleh pembina Yayasan, Dato’ Seri Lela Budaya Rida K. Liamsi, serah terima dilaksanakan di ruang baca Perpustakaan UMRAH Dompak, Jum’at (18/03/2022). 

Hadir dalam kegiatan ini Rektor Universitas Maritim Raja Ali Haji, Prof. Agung Dhamar Syakti, S.Pi., DEA, Wakil Rektor II Dr. Tengku Said Razai, Ka BAKK Ari Satia Dharma, M. Sos. dan Kepala UPT Perpustakaan Bony Irawan S.Pd., M.Pd beserta seluruh staff perpustakaan. Sementara itu, hadir juga beberapa tokoh penulis dan penggiat budaya melayu dari Yayasan Jembia Emas.

Kegiatan serah terima ini dipadu dengan diskusi strategi diseminasi kebudayaan dan penguatan ciri kemelayuan UMRAH. Diskusi yang dipimpin langsung oleh Rektor berlangsung hangat dan menarik. Ide-ide bernas terkait strategi pengembangan kebudayaan dan kerjasama dilempar oleh anggota forum, antara lain Rendra Setyadiharja, S.Sos., M.IP, Abdul Kadir Ibrahim (Akib), dan penulis serta budayawan Kota Tanjungpinang.

Dalam kegiatan tersebut sekaligus dilakukan peresmian layanan Sudut Raja Ali Haji: Koleksi Naskah Klasik & Sastra Melayu. Peluncuran layanan ini diresmikan melalui pengguntingan pita oleh Rektor, Dato’ Rida K Liamsi, dan Kepala Perpustakaan. Layanan naskah klasik ini merupakan langkah Perpustakaan UMRAH untuk mewujudkan kekhasan koleksi unggulan Perpustakaan di bidang khazanah literatur melayu dan kemaritiman. Diinisiasi pada 2021, saat ini Perpustakaan UMRAH telah memiliki ratusan koleksi naskah klasik nusantara berupa alih aksara kitab kuno, babad, dan karya-karya klasik serta kontemporer melayu. Layanan ini merupakan koleksi referensi yang dapat dibaca di Perpustakaan Pusat di Dompak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here