Perpustakaan UMRAH Melakukan MoU dengan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

0
74

Penandatanganan Naskah Kerjasama (MoU) antara Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI) dengan Perpustakaan Universitas Maritim Raja Ali Haji, dan bersamaan dengan 36 Perpustakaan Perguruan Tinggi yang tergabung dalam FKP2TN telah berlangsung di Pangkal Pinang, 21-23 Maret 2018.

MoU ini langsung ditandatangani oleh Drs. Muhammad Syarif Bando, M.M. (Kepala Perpustakaan Nasional RI) dan Prof. Dr. Syafsir Akhlus, M.Sc. (Rektor UMRAH) selaku pucuk pimpinan masing-masing lembaga.

Acara yang diselenggarakan sekaligus untuk pengukuhan pengurus FKP2TN periode 2017-2020 oleh Kepala Perpusnas RI.

Penandatanganan Naskah Kerjasama antara Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI) dengan Perpustakaan Universitas Maritim Raja Ali Haji oleh Bapak Rektor Prof. Dr. Syafsir Akhlus, M. Sc

Forum Kerjasama Perpustakaan Perguruan Tinggi Negeri (FKP2TN) yang saat ini telah menghimpun sebanyak 105 Perpustakaan Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia melihat semakin berkembangnya tuntutan untuk tetap dan senantiasa mampu mendukung Visi dan Misi masing-masing Institusi Induknya dan pergeseran permintaan dan layanan dari pengguna perpustakaan. Sementara itu dukungan anggaran masing-masing institusi berbeda-beda yang menyebabkan tidak dapat terpenuhinya kebutuhan dan tuntutan tersebut. Oleh sebab itu, resource sharing antar Perpustakaan merupakan sebuah keniscayaan yang mau tidak mau harus dilakukan guna bisa memenuhi tuntutan tersebut serta memaksimalkan sumber daya yang ada. Tentu saja tuntutan di atas sangat membutuhkan komitmen bersama antar Pimpinan dan Pengambil Kebijakan yang bisa diejawantahkan di dalam bentuk kegiatan-kegiatan bersama.

Melihat pentingnya jejaring ini, kegiatan Rapat Kerja Nasional FKP2TN tahun 2018 akan mengambil tema “Penguatan Jejaring untuk Layanan yang Lebih Baik”. Serangkaian kegiatan akan digelar, antara lain workshop, Seminar Nasional, dan penandatanganan Naskah Kerjasama antara Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) dengan beberapa Perguruan Tinggi Negeri.

Penyelenggaraan Rapat Kerja Nasional ini dimaksudkan untuk:

  1. Pengukuhan pengurus FKP2TN periode 2017-2020 oleh Kepala Perpusnas.
  2. Penandatanganan Naskah Kerjasama antara Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) dengan beberapa Perguruan Tinggi Negeri.
  3. Memperkuat jejaring antara anggota Forum.
  4. Menentukan arah kebijakan dan mengidentifikasi peluang dan tantangan pelaksanaan kerjasama antar Perpustakaan Perguruan Tinggi Negeri di masa depan.

Rektor UMRAH Prof. Dr. Syafsir Akhlus, M.Sc., sangat mengapresiasi MoU ini, beliau menjabarkan :

“Pertama Dalam hal pengembangan SDM Perpustakaan UMRAH, Kedua ruang lingkup Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), Ketiga Pengembangan Pangkalan data Katalog Induk Nasional (KIN) dan repository digital Indonesia OneSearch (IOS), Keempat Pengembangan dan pemanfaatan bersama koleksi perpustakaan, Kelima ruang lingkup Pertemuan ilmiah, penelitian dan publikasi bersama dalam bidang perpustakaan, Keenam Penghimpunan dan pelestarian Karya Cetak Karya Rekam (KCKR), dan yang terakhir ruang lingkup dalam hal Perluasan jejaring perpustakaan baik itu lingkup nasional maupun internasional”.

Denny Erfanosa selaku Kepala UPT. Perpustakaan UMRAH juga mengharapkan MoU ini akan berdampak kepada UPT Perpustakaan terutama Institusi Universitas Maritim Raja Ali Haji.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here