Peraturan Peminjaman

Peraturan Peminjaman Koleksi Sirkulasi

  1. Prosedur peminjaman :
    a. Memperlihatkan kartu keanggotaan perpustakaan milik sendiri.
    b. Buku yang akan dipinjam diserahkan pada petugas untuk diberi stempel batas waktu dan dicatat dalam database koleksi.
    c. Buku yang dipinjam menjadi tanggung jawab peminjam sepenuhnya dan tidak diperkenankan untuk dipinjamkan pada orang lain.
    d. Layanan Perpustakaan adalah dalam bentuk layanan terbuka (open access).
  2. Setiap anggota perpustakaan dapat meminjam buku maksimal :
    a. 2 (dua) judul untuk koleksi sirkulasi.
    b. 1 (satu) judul untuk koleksi tandon.
  3. Waktu peminjaman :
    a. Untuk mahasiswa, peminjaman berlaku selama 1 (satu) minggu. Apabila belum ada yang memesan koleksi, peminjaman dapat diperpanjang maksimal 2 (dua) kali masa peminjaman.
    b. Untuk dosen, peneliti dan staf serta tenaga administrasi yang telah menjadi anggota perpustakaan, peminjaman berlaku selama 14 (empat belas) hari. Peminjaman koleksi dapat diperpanjang maksimal 2 (dua) kali dengan melaporkan kepada petugas layanan sirkulasi.
    c. Untuk buku koleksi tandon hanya dapat dipinjam selama maksimal 1 (satu) hari.
  4. Skripsi/Tugas Akhir, majalah, jurnal, paket-paket informasi dan koleksi referensi lainnya seperti kamus, ensiklopedia, handbook, almanak, bibliografi, yearbook, peraturan perundang-undangan, direktori dan katalog tidak dapat dipinjam. Koleksi ini hanya untuk dibaca ditempat atau difotokopi pada halaman-halaman tertentu saja sesuai dengan kebutuhan pengguna.
  5. Pengunjung diluar Civitas Akademika yang ingin menggunakan koleksi perpustakaan diwajibkan membawa surat pengantar dari instansi yang bersangkutan dan mendaftar sebagai pengguna sementara Perpustakaan. Pengguna ini hanya diperkenankan membaca koleksi ditempat dan memfotokopi koleksi pada halaman-halaman tertentu sesuai dengan kebutuhannya.

Sanksi dan Denda
1. Denda dikenakan kepada peminjam yang terlambat mengembalikan buku dari batas waktu yang ditentukan, yakni sebesar : Rp.1.000,-/buku/hari untuk koleksi sirkulasi dan Rp.2.000,- / buku / hari untuk koleksi tandon.
2. Keterlambatan selama 15 (lima belas) hari akan memperoleh peringatan tertulis selain denda administrasi, dan apabila diabaikan maka nilai mahasiswa yang bersangkutan pada semester tersebut tidak akan dikeluarkan oleh pihak Bagian Akademik dan keanggotaan perpustakaannya dapat dibatalkan.
3. Buku yang hilang/rusak harus diganti dengan buku yang sama atau dalam bentuk uang seharga buku yang hilang pada saat itu ditambah 30 % dari harga buku tersebut untuk administrasi.
4. Ketentuan mengenai sanksi berlaku bagi seluruh anggota UPT. Perpustakaan tanpa kecuali.

© 2015 Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang